P. 3DSMAX
1. Tujuan : Bamasis Mampu Mempraktikkan 3DSMAX
2. Alat Dan Bahan :
A. Laptop/PC
B. Software 3DSMAX
3. Teori :
A. Jelaskan Tentang 3dsmax
Jawab : 3dsmax yaitu Sebuah perangkat lunak grafik vektor 3- dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.
B. Jelaskan Tentang Standard Primitives
Jawab : Standard Primitives yaitu Bentuk objek dasar 3d yang sudah disediakan oleh software 3dsmax, dan memiliki parameter-parameter yang membangun objek tersebut, serta memiliki perbedaan parameter antara objek satu dan objek lainnya.
C. Jelaskan Tentang Box
Jawab : Box merupakan fasilitas untuk membentuk kubus atau kotak yang di hasilkan oleh parameter pembentuknya adalah :
- Length : menentukan ukuran panjang.
- Width : menentukan ukuran lebar.
- Height : menentukan ukuran
tinggi.
- Length segs : menentukan jumlah segmen pada sisi panjangnya.
- Width segs : menentukan
jumlah segmen pada sisi lebarnya.
- Height segs : menentukan jumlah segmen pada sisi tingginya.
D. Jelaskan Tentang Sphere
Jawab : Merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk bola,dengan parameter pembentukannya adalah :
- Radius : menentukan ukuran besaran objek bola.
- Segmets : menentukan jumlah segmen dari permukaan bola.
- Smooth : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan bola.
- Hemisphere : berfungsi mengatur pemotongan sebagian dari objek bola.
E. Jelaskan Tentang Cylinder
Jawab : Cylinder merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk tabung tertutup dengan parameter pembentukannya :
- Radius : menentukan besaran jari-jari dari objek.
- Height : menentukan ukuran ketinggian tabung.
- Cap Seg : menentukan jumlah segmen pada tutup tabung.
- Sides : menentukan jumlah vertex pembentukan lingkaran.
F. Jelaskan Tentang Torus
Jawab : Merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk roda atau kue donut, dengan parameter pembentukannya :
- Radius 1 : menentukan besaran lingkaran secara horizontal.
- Radius 2 : menentukan besaran lingkaran secara vertikal.
- Rotation : menyediakan efek perputaran objek
- Twist : menyediakan efek puntiran pada objek.
G. Jelaskan Tentang Cone
Jawab : Merupakan fasilitas objek yang pada prinsipnya sama dengan cylinder, tetapi mempunyai dua Radius pembentuk lingkaran. Parameter pembentukannya adalah :
- Radius 1 : menentukan besaran lingkaran bagian pertama.
- Radius 2 : menentukan besaran lingkaran bagian kedua.
- Height : menentukan ukuran tinggi objek.
4. Langkah Percobaan.
A. Pengoperasian Aplikasi 3dsmax
1) Melaksanakan Pembuatan Desain gambar;
2) Melaksanakan Percobaan desain gambar dengan
aplikasi Aplikasi 3dsmax.
5. Analisa :
Aplikasi 3dsmax ini Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan. Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan property lainnya. Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting. Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
6. Kesimpulan Dan Saran (Omp + Omsp) :
Kesimpulan : Pada penggunaan software 3dsmax sangat membantu sekali untuk para bintara mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar, terutama dalam bidang desain atau gambar suatu rancangan.
Dalam bidang OMP dan OMSP sendiri perancangan suatu desain atau gambar menggunakan software 3dsmax ini sangat bagus diterapkan di kedua bidang tersebut karena seiring berjalan nya waktu perancangan desain atau gambar baik dalam persenjataan , kendaraan maupun sistem keamanan semakin modern, dengan menggunakan aplikasi 3dsmax ini kina bisa merancang desain atau menggambar serta bisa langsung mensimulasikan seperti benda asli / 3D.
Saran : 1. Aplikasi 3dsmax sangat berfungsi sekali untuk perancangan desain dan gambar alat.
2. Dapat disimulasikan hasil jadi 3D(seperti benda nyata).
3. Untuk penggunaan perancangan senjata maupun munisi pun sangat mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar